Pengantar Komputer

Pertemuan 5

Pengertian Alat Input & Jenis-Jenis Alat Input

Merupakan perangkat yang berfungsi untuk masukan, dan sering disebut juga dengan istilah input unit. alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dan dapat berupa signal input atau maintenance input. Dengan demikian, alat input selain digunakan untuk memasukkan data juga untuk memasukkan program. Beberapa alat input mempunyai fungsi ganda, yaitu disamping sebagai alat input juga berfungsi sebagai alat output sekaligus. Alat yang demikian disebut sebagai terminal. Peralatan yang hanya berfungsi sebagai alat input dapat digolongkan menjadi alat input langsung (direct input) dan tidak langsung (indirect input).

a. Input Device ( Peralatan Masukan )
yaitu alat yang digunakan untuk menerima masukkan data dan program yang akan diproses di dalam komputer.

Peralatan input dapat dibedakan seperti berikut:

  • Keyboard
  • Mouse
  • Light Pen
  • Touch Screen (Layar sentuh)
  •  Scanner
  •  OCR Tag Reader (Banyak digunakan pada swalayan)
  • Disk drive
  • Trackball
  • joystick
  • digitizer
  • mic (microfon)

b. Process Device ( Peralatan Proses )
Yaitu alat yang digunakan untuk memproses data yang telah dimasukkan ke dalam komputer.

Keyboard

Keyboard adalah peralatan standar yang ada pada setiap komputer. Keyboard berupa papan yang berisi tombol tekan yang dapat menghasilkan karakter di layar sesuai dengan tombolnya. Setiap tombol mempunyai sepasang terminal yang bekerja terhubung atau tidak. Susunan sakelar ini berupa baris dan kolom sehingga disebut matriks. Pertemuan baris dan kolom ini akan menghasilkan sebuah tanda atau karakter. Karakter yang timbul adalah hasil transfer kode oleh prosesor dan rangkaian keyboard.

keyboard

Mouse

Mouse adalah perangkat komputer yang dapat mengaktifkan pilihan secara leluasa di layar Windows.
Mouse mempunyai sebuah bola yang dapat memutar sumbu roda yang mempengaruhi sensor cahaya. Sensor ini berpasangan dengan pemancar cahaya dan saat roda berputar pada sumbunya, maka cahaya dan sensor akan terhalang dan terhubung secara periodik. Akibatnya rangkaian yang dihubungkan dengan sensor ini akan menerima sinyal dan tidak, sesuai dengan cahaya yang masuk ke sensornya.
Sensor mouse ini terdiri dari sensor untuk gerakan panah mouse arah vertikal dan arah horizontal. Untuk mouse jenis baru juga sudah dilengkapi dengan roda yang timbul di permukaan atas mouse (disebut wheel button) sehingga pemakai dapat menggulung lembaran dokumen/ layar dengan mudah dan cepat. Bahkan saat ini sudah beredar mouse dan keyboard yang tidak menggunakan kabel penghubung dengan CPU-nya melainkan dengan sinyal optis sehingga disebut sebagai optical mouse/ keyboard.

macam-macam mouse

Light Pen

Light-penadalah alat masukan komputer yang bekerja dengan cara mengambil informasi dari gambar atau dokumen melalui cahaya. Perbedaan terang dan gelap dari dokumen ditransfer ke dalam sinyal listrik dan dikonversikan agar dapat dipahami oleh komputer.

Alat ini berbentuk sebuah pena dengan ujung berupa lensa. Informasi yang diambil terbatas sesuai dengan ukuran lensanya. Jika lensanya di tempat dekat dengan informasi yang akan diambil dan tombol operasinya ditekan, maka informasi ini akan ditampilkan di layar monitor. Informasi ini dapat disimpan dalam bentuk file sendiri atau digabung dengan file dokumen lainnya.
Light Pen

Touch Screen

Layar Sentuh (touch Screen) adalah display yang mampu mendeteksi lokasi koordinat sentuhan. ini memungkinkan touch screen sekaligus menjadi input device menggantikan keyboard dan mouse. selain pada PC, Touch screen juga digunakan pada beragam perangkat mobile termasuk PDA dan Smart phone. Berapa varian lain yang mirip adalah memanfaatkan penggunaan stylus unutk meningkatkan akurasi pendektesian koordinat.

Touch Screen

Scanner

Scanner adalah perangkat input yang dapat mengambil informasi berupa gambar dan teks dengan kualitas yang tinggi. Dilihat dari prinsip kerjanya, scanner merupakan pengembangan dari teknologi light-pen.
Scanner mengambil informasi atau gambar dengan cara menyapu/ memindai seluruh bagian gambar dari salah satu sisinya. Hasil sapuan (scan) ini diberikan ke   komputer dan ditampilkan di layar monitor. Selanjutnya gambar ini dapat disimpan dalam bentuk.
Sebelum scanner dapat digunakan pada komputer harus dimasukkan program penggeraknya (driver) terlebih dahulu. Dengan adanya driver ini, scanner dapat dioperasikan dengan mudah.

Scanner

OCR Tag Reader

Alat-alat tambahan dapat dipasang pada POS terminal, misal: alat peraba automatic tag readers atau disebut dengan OCR tag readers? OCR Tag Reader yaitu alat untuk membaca label di barang yang ditulis dengan OCR Coptical (character recognition) serta bar code wand, yaitu alat untuk membaca label barang yang berbentuk kode batang.

OCR Tag Reader

DISK DRIVE

Disk drive adalah perangkat standar yang harus ada pada sebuah Personal Computer. Alat ini digunakan untuk memberikan data dari luar PC atau untuk menerima data dari PC. Disk drive ini ada bahan lentur (floppy) dan ada yang bahannya keras (hard disk).
Floppy disk drive (penggerak cakram lentur)
Floppy disk adalah media penyimpanan yang terbuat dari plastik mylar.plastik tipis ini di lapisi bahan magnetik dan di bungkus dalam sebuah jaket plastik pula.terdapat beberapa ukuran disket,yaitu 8 inci,5 1/4 inci,dan 3 1/2 inci.

Saat ini yang banyak digunakan adalah disk drive dengan ukuran 3,5 inci berkapasitas 1,44 Mega byte. Di samping itu juga telah tersedia disk drive dengan kapasitas mendekati kapasitas hard disk. Disk drive ini memang tidak bisa mengakses floppy disk biasa melainkan jenis disk yang lain

misalnya zip drive, jaz disk, compact disk (CD), digital video disk (DVD), dan lain-lain.
Hard disk drive (penggerak cakram padat)
Hard disk drive adalah sejenis perangkat penyimpan data yang selalu berada dalam kotak sebuah Personal Computer. Hard disk disebut juga Fixed Disk.Drive ini dikenal dengan nama non removable disk drive. Hard disk drive ini mempunyai piringan dengan permukaan yang sangat halus. Ada beberapa piringan dan setiap piringan terdapat dua kepala (head) baca/tulis. Head ini dipegang oleh lengan (arm) yang dapat bergerak dalam jarak tertentu dari pinggir piring (plate) menuju arah titik pusat lingkarannya.
Kapasitas hard disk lebih besar dari floppy disk.kini kapasitas terkecil adalah 10 MB,dan diatasnya masih terdapat kapasitas yang lebih besar lagi,yaitu 20 MB,30 MB,40 MB,70 MB,110 MB,dan 150 MB,bahkan sampai ada yang berkapasitas Gigabyte.
Pengaturan bekerjanya piringan dan head ditentukan rangkaian pengatur hard disk dan transfer data dari dan ke hard disk. Hard disk ini mempunyai persyaratan dalam pemakaian dan penyimpanannya, antara lain adalah;
·        jauhkan dari medan magnet
·        jangan ada benturan yang keras
·        jangan disimpan di tempat yang panas
·        jangan membuka tutup kotak hard disk di tempat terbuka.
Jika hal di atas diabaikan besar kemungkinan akan terjadi kerusakan fisik atau kehilangan data dari hard disk.

Hard Disk

Joystick

Joystik merupakan peralatan tambahan yang diperuntukkan bagi pemakai dalam kreasi permainan. Joystik bekerja melalui fasilitas game port yang telah tersedia dalam rangkaian peripheral PC. Bentuk dasar joystik ini dapat digambar seperti berikut ini    :

Bentuk dasar JOYSTICK

Digitizer

Piranti masukan yang menggunakan media magentis. Alat ini sangat tepat dan memudahkan dalam pemindahan gambar, misalnya peta dari gambar ke kertas layar komputer. Digitizer banyak digunakan pada PDA.
Mic (microfon)

Mic digunakan untuk memasukkan input berupa suara. Penggunaan mic memerlukan perangkat keras tambahan untuk menerima input suara tersebut yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan hasil rekaman suara.

Referensi :
  • D. Suryadi H.S.,”Pengenalan Komputer”, Gunadarma, Jakarta, 1992

Komentar ditutup.