Pengantar Komputer

Pertemuan 10

Alur Pemrosesan Data di Komputer

Alur Pemrosesan Data pada Komputer

Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Pemrosesan Data

Sistem komputer memiliki siklus pengolahan yang pasti. Siklus pengolahan itu sendiri mengacu kepada makna dari arti komputer itu sendiri. Ada tiga pokok dalam siklus pengolahan data dengan menggunakan komputer tersebut, yaitu input, proses, dan output. Sedangkan untuk proses sendiri, pemroses dibantu oleh beberapa bagian lain, yaitu program serta penyimpan (storage).

  • Input

Merupakan aktifitas pemberian data kepada komputer, dimana data tersebut merupakan masukan bagi komputer. Agar data dapat diterima oleh komputer dengan baik, komputer memiliki peralatan yang berfungsi untuk hal ini, yang disebut dengan input device .

Pada komputer, input device ini juga bermacam-macam, tergantung bagaimana proses input tersebut dilaksanakan. Bermacam-macam input device yang digunakan oleh komputer, contohnya adalah keyboard untuk mengetikkan informasi, pembaca kode batang pada transaksi di supermarket, kamera untuk menangkap gambar, dan lain sebagainya. Masukan yang didapatkan oleh input device tersebut informasinya dikirimkan ke pemroses (otaknya komputer) untuk diproses lebih lanjut, diabaikan atau informasi tersebut disimpan dalam media penyimpanan.
Proses Setiap masukan yang disampaikan kepada komputer akan masuk ke pemroses, pemroses ini dikenal juga dengan nama processor . Pemroses ini bisa disebut dengan otaknya komputer. Pemroses ini akan menentukan akan diapakan informasi yang masuk tersebut. Jika diolah lebih lanjut, maka data tersebut diolah sesuai dengan ketentuan yang telah disusun sedemikian kedalam otak komputer. Ketentuan yang telah disusun ini adalah instruction setInstruction set ini merupakan format baku perintah yang dapat dilaksanakan oleh pemroses.
Pemroses memiliki hubungan dengan media input, program, storage serta media output. Masing-masing akan dikontak oleh pemroses sesuai dengan tugasnya masing-masing. Pemroses ini hanya berfungsi untuk menjalankan perintah yang diterimanya dari program. Tindak lanjut dari masing-masing perintah, katakanlah menampilkan data terebut ke monitor atau ke printer, maka pemroses akan mengirimkan lagi hasil olahannya ke media yang dituju.
Dengan mengirimkan data ke media yang dituju, maka berarti pemroses menyerahkan tugasnya kepada media tersebut sambil mengirimkan data-data yang diperlukan oleh media yang dituju serta instruksi yang diminta untuk dilaksanakan oleh media yang dituju itu tadi. Bus Bus merupakan jalur penghubung antar alat pada komputer yang digunakan sebagai media dalam proses melewatkan data pada suatu proses. Bus ini bisa dianggap sebagai sebuah pipa, dimana pipa atau saluran tersebut digunakan untuk mengirimkan dan menerima informasi antar alat yang dihubungkannya.
Pada sistem komputer, bus ini termasuk perangkat internal, kecepatan pengiriman informasi melalui bus ini dilakukan dengan kecepatan tinggi. Program Program merupakan kumpulan instruction set yang akan dijalankan oleh pemroses, yaitu berupa software. Bagaimana sebuah sistem komputer berpikir diatur oleh program ini. Program inilah yang mengendalikan semua aktifitas yang ada pada pemroses. Program berisi konstruksi logika yang dibuat oleh manusia, dan sudah diterjemahkan ke dalam bahasa mesin sesuai dengan format yang ada pada instruction set.
  • Storage
Dalam menjalankan proses, selain proses diatur oleh program, pemroses juga memiliki akses ke media penyimpan yang disebut dengan storage. Storage ini berfungsi untuk menyimpan berbagai informasi yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi pemroses, baik untuk penyimpan sementara maupun untuk jangka panjang.
Pemroses melakukan tugasnya sesuai dengan kendali yang ada pada program. Proses untuk mengambil data atau menyimpan data pada storage ini dilaksanakan oleh pemroses sesuai dengan perintah yang diterima pemroses dari program yang sedang ia jalankan.
  • Output
Merupakan aktifitas menerima data dari hasil pengolahan pada bagian pemroses. Jika terdapat data pada aktifitas output ini, berarti pemroses menyerakan tugas selanjutnya kepada bagian ini. Tentu saja pada bagian ini diperlukan juga peralatan yang bekerja, dimana peralatan terebut disebut dengan output device.   Pada komputer contoh output device ini adalah printer (pencetak). Ketika data output dari pemroses diterimanya maka printer akan melaksanakan tugas yang diterima dari pemroses tadi.
  • Register

– Sejumlah area memori kecil yang digunakan untuk menyimpan instruksi selama proses

berlangsung

– Ukuran dari register (work size) sesuai dengan jumlah data yang bisa diproses dalam satu

satuan waktu

– PC register saat ini 32 bit, artinya komputer mampu untuk memproses 4 byte data sekali

jalan. Register akan terus berkembang ke 64 bit

  •  RAM

– Ukuran RAM berpengaruh langsung pada speed

– Semakin besar ukuran RAM pada PC akan semaki banyak data disimpan di memori.

– Jika aplikasi tidak cukup di load ke memori, maka secara bergantian dipindahkan ke

secondary storage proses ini disebut swapping

  • The System Clock

– Satu “Tick” dari clock dibutuhkan untuk merubah transistor dari On ke Off disebut dengan

Clock Cycle

– Clock Cycle ukuran dalam Hertz (Hz) untuk mengukur Cycle per second. Jika PC

mempunyai kecepatan 300 Mhz, then its system clock “ticks” 300 milion times every

second.

– Jika lebih cepat PC Clock berjalan, maka semakin banyak perintah-perintah yang dieksekusi

  •  The Bus

– Sebuah path diantara komponen dan komputer setiap data yang dikirimkan antar komponen

melewati path

– Lebar Bus data menentukan seberapa banyak data ditransmisikan diantara CUP dan device

lain

– Peripheral devices are connected to the CPU by an expansion bus

  •  Chace Memory

– Memory kecepatan tinggi untuk menyimpan instruksi yang akan dieksekusi oleh CPU

– Lokasi Chace langsung pada CPU diantara CPU dengan RAM sehingga lebih cepat

dibandingkan dengan RAM

– CPU Resident chace is called level-1(L1) chace. External chace is called level-2 (L2) chace

– Kapasiatas Chace memory sangat berpengaruh pada kecepatan komputer

Sumber :

http://comunityit.wordpress.com/tag/alur-proses-data/

http://restandana.wordpress.com/2011/11/17/pertemuan-10-alur-dan-faktor-yang-memperngaruhi-kecepatan-pemrosesan-data/

Komentar ditutup.