Pengantar Komputer

Pertemuan 4

Pengenalan Model Komputer

  • Superscomputers

Superkomputer adalah komputer di garis depan kapasitas pengolahan saat ini, terutama kecepatan perhitungan.

Superkomputer digunakan untuk perhitungan yang sangat intensif tugas seperti masalah termasuk fisika kuantum, peramalan cuaca , penelitian iklim,pemodelan molekul (komputasi struktur dan sifat senyawa kimia, biologi makromolekul , polimer, dan kristal), dan simulasi fisik (seperti simulasi pesawat terbang dalamterowongan angin, simulasi peledakan senjata nuklir , dan riset fusi nuklir ).

Superkomputer diperkenalkan pada tahun 1960 dan dirancang terutama oleh Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC), yang memimpin pasar ke tahun 1970-an sampai Cray kiri untuk membentuk perusahaan sendiri, Cray Research . Dia kemudian mengambil alih pasar superkomputer dengan desain baru, memegang posisi teratas di superkomputer selama lima tahun (1985-1990). Pada 1980-an sejumlah besar pesaing yang lebih kecil memasuki pasar, secara paralel dengan penciptaan komputer mini pasar satu dekade sebelumnya, tapi banyak dari ini menghilang dalam “crash pasar superkomputer” pertengahan 1990-an.

Hari ini, superkomputer yang biasanya satu-of-a-kind desain khusus yang diproduksi oleh perusahaan tradisional seperti Cray , IBM dan Hewlett-Packard , yang telah membeli banyak perusahaan tahun 1980 untuk mendapatkan pengalaman mereka. Saat ini, Jepang K komputer , dibangun oleh Fujitsu di Kobe,Jepang adalah yang tercepat di dunia.Ini adalah tiga kali lebih cepat dari satu sebelumnya untuk berpendapat bahwa judul, Tianhe-1A superkomputer yang terletak di Cina .

Istilah superkomputer sendiri agak cairan, dan kecepatan dari sebelumnya “superkomputer” cenderung menjadi khas yang biasa di masa depan komputer. CDC mesin awal hanyalah sangat cepat prosesor skalar , sekitar sepuluh kali kecepatan mesin tercepat yang ditawarkan oleh perusahaan lain. Pada 1970-an sebagian besar superkomputer yang didedikasikan untuk menjalankan prosesor vektor , dan banyak dari pemain baru dikembangkan prosesor mereka sendiri tersebut pada harga yang lebih rendah untuk memasuki pasar. Awal dan pertengahan 1980-an melihat mesin dengan jumlah vektor sederhana prosesor yang bekerja secara paralel untuk menjadi standar. Nomor Khas prosesor berada di kisaran 4-16. Pada akhir tahun 1980 dan 1990-an, perhatian beralih dari prosesor vektor ke besar pemrosesan paralel sistem dengan ribuan “biasa” CPU , beberapa yang dari rak unit dan lainnya adalah desain kustom (lihat Transputer oleh misalnya). Saat ini, desain paralel didasarkan pada “dari rak” kelas server mikroprosesor , seperti Power PC , Opteron , atau Xeon , dan coprocessors seperti NVIDIA Tesla GPGPUs, AMD GPU , IBM your, FPGA . Kebanyakan superkomputer modern sekarang sangat-tuned  kluster komputermenggunakan prosesor komoditas adat dikombinasikan dengan interkoneksi.

Relevan di sini adalah perbedaan antara kemampuan komputasi dan kapasitas komputasi, sebagaimana didefinisikan oleh Graham et al Kemampuan komputasi biasanya dianggap sebagai menggunakan maksimum daya komputasi untuk memecahkan masalah besar dalam jumlah waktu terpendek.. Seringkali sebuah sistem kemampuan mampu memecahkan masalah ukuran atau kompleksitas bahwa tidak ada komputer lain dapat Kapasitas komputasi dalam kontras. Biasanya dianggap sebagai biaya efisien menggunakan daya komputasi yang efektif untuk memecahkan masalah yang agak besar atau masalah kecil atau untuk mempersiapkan berjalan pada sistem kemampuan.

superscomputers

  • Mainframe Computers

Mainframe (bahasa sehari-hari sering disebut sebagai ” besi besar” ) adalah kuat komputer digunakan terutama oleh organisasi perusahaan dan pemerintah untuk aplikasi kritis, massal pengolahan data seperti sensus , statistik industri dan konsumen,perencanaan sumber daya perusahaan, dan keuangan proses transaksi.

Istilah awalnya merujuk pada lemari besar yang menampung central processing unit dan memori utama komputer awal.Kemudian istilah ini digunakan untuk membedakan mesin high-end komersial dari unit kuat kurang.

Kebanyakan arsitektur komputer skala besar sistem yang mapan pada tahun 1960. Beberapa komputer mini sistem operasi dan arsitektur muncul pada 1970-an dan 1980-an, yang dikenal secara bergantian sebagai mini-mainframe atau minicomputer, dua contoh Digital Equipment Corporation PDP-8 dan Data General Nova . Mendefinisikan karakteristik Banyak dari “mainframe” didirikan pada tahun 1960, tetapi mereka karakteristik terus berkembang dan berkembang sampai sekarang.

Mainframe Computers

  • Minicomputers

Sebuah komputer mini (bahasa sehari-hari, mini) adalah kelas multi-user komputer yang terletak di tengah kisaran spektrum komputasi, di antara yang terbesarsistem multi-user( komputer mainframe ) dan single-user sistem terkecil ( mikro komputer atau komputer pribaadi ). Kelas pada satu waktu membentuk sebuah kelompok yang berbeda dengan hardware sendiri dan sistem operasi, tetapi istilah kontemporer untuk kelas ini sistem midrange komputer, seperti akhir yang lebih tinggi SPARC, Power dan Itanium berbasis sistem dari  Sun Microsystems.

Minicomputers

  • Personal Computers (PC)

Sebuah komputer pribadi (PC) adalah setiap tujuan umum komputer yang ukuran, kemampuan, dan asli harga jual membuatnya berguna bagi individu, dan yang dimaksudkan untuk dioperasikan secara langsung oleh pengguna akhir tanpa campur tangan operator komputer. Sebaliknya, pengolahan batch atau time-sharing memungkinkan besar mahal model mainframe sistem untuk digunakan oleh banyak orang, biasanya pada saat yang sama. Sistem pengolahan data yang besar memerlukan staf penuh-waktu untuk beroperasi secara efisien.

Software aplikasi untuk komputer pribadi mencakup, tetapi tidak terbatas pada, pengolah kata ,spreadsheet, database,browser-web dan e-mail klien,media-digitalpemutaran,game, dan produktivitas pribadi segudang dan tujuan khusus aplikasi perangkat lunak. Komputer pribadi modern sering memiliki koneksi ke internet, memungkinkan akses keWorld Wide Web dan berbagai sumber daya lainnya. Komputer pribadi dapat dihubungkan kejaringan area lokal (LAN), baik dengan kabel atau sambungan nirkabel. Sebuah komputer pribadi mungkinkomputer desktop atau laptop, tablet PC, atau PC genggam.

Sementara pemilik PC awal biasanya harus menulis program sendiri untuk melakukan sesuatu yang berguna dengan mesin, pengguna saat ini memiliki akses ke berbagai perangkat lunak komersial dan perangkat lunak bebas, yang disediakan dalam siap-to-run atau siap-untuk- kompilasi bentuk . Sejak awal 1990-an, Microsoft dan Intel telah mendominasi sebagian besar pasar komputer pribadi, pertama dengan MS-DOS dan kemudian dengan Wintel platform. Alternatif untuk Windows termasuk Apple Mac OSX dan open sourceLinux OS.

AMD adalah alternatif utama untuk Intel. Aplikasi dan game untuk PC biasanya dikembangkan dan didistribusikan secara independen dari perangkat keras atau produsen OS, sedangkan perangkat lunak untuk banyak ponsel dan sistem portabel lainnya adalah disetujui dan didistribusikan melalui toko online terpusat.

Pada bulan Juli dan Agustus 2011, pemasaran bisnis dan wartawan mulai berbicara tentang ‘Era Pasca-PC, di mana faktor bentuk desktop telah digantikan dengan komputasi portabel lebih seperti NETBOOK , Tablet PC, dan smartphone.

Personal Computers (PC)

  • Hand held Computers

Handheld Computers adalah sebutan untuk komputer-komputer dengan ukuran kecil ( bisa digenggam ) dengan kemampuan tertentu. Beberapa contoh dari sistem ini adalah Palm Pilots, PDA, dan telepon seluler. Isu yang berkembang tentang sistem genggam adalah bagaimana merancang software dan hardware yang sesuai dengan ukurannya yang kecil.Dari sisi software, hambatan yang muncul adalah ukuran memori yang terbatas dan ukuran monitor yang kecil. Kebanyakan sistem genggam pada saat ini memiliki memori berukuran 512 KB hingga 8 MB. Dengan ukuran memori yang begitu kecil jika dibandingkan dengan PC, sistem operasi dan aplikasi yang diperuntukkan untuk sistem genggam harus dapat memanfaatkan memori secara efisien. Selain itu mereka juga harus dirancang agar dapat ditampilkan secara optimal pada layar yang berukuran sekitar 5 x 3 inci. Dari sisi hardware, hambatan yang muncul adalah penggunaan sumber tenaga untuk pemberdayaan sistem. Tantangan yang muncul adalah menciptakan sumber tenaga ( misalnya baterai ) dengan ukuran kecil tapi berkapasitas besar atau merancang hardware dengan konsumsi sumber tenaga yang sedikit. Secara umum, keterbatasan yang dimiliki oleh sistem genggam sesuai dengan kegunaan / layanan yang disediakan. Sistem genggam biasanya dimanfaatkan untuk hal-hal yang membutuhkan portabilitas suatu mesin seperti kamera, alat komunikasi, MP3 Player dan lain lain.

Hand held Computers

Sumber :

http://en.wikipedia.org/wiki/

Komentar ditutup.