Pengantar Komputer

BAB 12

TEMPAT PENYIMPANAN (STORAGE)

Media penyimpanan atau storage atau memori dapat di bedakan menjadi 2 bagian,yaitu :

  1. Internal Storage (Primary Storage)
  2. External Storage (Secondary Storage)

INTERNAL STORAGE

Internal storage adalah storage yang terletak di dalam atau berhubungan langsung dengan Central Processing Unit (CPU).

Storage ini terdiri dari :

  • Main Storage
  • General Storage
  • Control Register
  • Floating Point Register
  • Relocatable Control Storage
  • Buffer

Main storage merupakan tempat untuk menyimpan program dan data.sebelum proses,program dan data di “load” (dimasukkan) ke dalam Main Storage terlebih dahulu,melalui Input Device.Pada saat Exection (pelaksanaan),instruksi (bagian dalam program) yang ada di Main Storage di bawa ke Control Section untuk di analisa,kemudian data yang di perlukan guna di proses diambil dari Main Storage untuk di bawa ke ALU (Arithmatic Logic Unit).Data ini di proses sesuai dengan yang di berikan di dalam ALU.Setelah selesai proses,hasil di kembalikan ke Main Storage lagi dan proses di lanjutkan untuk instruksi berikutnya.

Peralatan Penyimpanan Magnetic

Alat ini juga merupakan termasuk keluarga DASD,sehingga sekaligus bisa di pakai sebagai alat input & output.Magnetic disk adalah Direct Access Storage Device (DASD) pertama yang dibuat oleh industri komputer. Pada magnetic disk kecepatan rata-rata rotasi piringannya sangat tinggi dan merupakan piranti penyimpanan sekunder yang paling banyak dijumpai pada sistem komputer modern.

Data di dalam Magnetic Disk bisa di bentuk/di cari secara langsung (Direct Access).Hal ini merupakan kelebihan sifat DASD terhadap Magnetic Tape (hanya bisa sequential).

Beberapa Karakteristik mengenai Magnetic Disk :

  1. Disk adalah piringan bundar yang terbuat dari bahan tertentu (logam atau plastik) dengan permukaan dilapisi bahan yang dapat di magnetisasi.
  2.  Mekanisme baca/tulis menggunakan kepala baca atau tulis yang disebut head,merupakan komparan pengkonduksi (conducting coil).
  3. Desain fisiknya, head bersifat stasioner sedangkan piringan disk berputar sesuai kontrolnya
  4. Dua metode layout data pada disk, yaitu constant angular velocity dan multiple zoned recording
  5. Disk diorganisasi dalam bentuk cincin –cincin konsentris yang disebut track
  6. Tiap track pada disk dipisahkan oleh gap (gap: mencegah atau mengurangi kesalahan pembacaan maupun penulisan yang disebabkan melesetnya head atau karena interferensi medan magnet)
  7. Sejumlah bit yang sama akan menempati track –track yang tersedia
  8. Semakin ke dalam disk maka kerapatan (density) disk akan bertambah besar
  9. Data dikirim ke memori ini dalam bentuk blok, umumnya blok lebih kecil kapasitasnya daripada track
  10. Blok –blok data disimpan dalam disk yang berukuran blok, yang disebut sector
  11. Track biasanya terisi beberapa sector, umumnya 10 hingga 100 sector tiap tracknya

Beberapa memory yang tergolong pada magnetic disk ini sendiri adalah flopy disk, ide disk, dan scsi disk. Magnetik disk sendiri terbuah dari piringan bundar yang terbuat dari logam atau plastik dimana permukaan dari bahan tersebut mempunyai sifat magnetic sehingga nanti bisa menghasilkan semacam medan magnet yang sangat diperlukan untuk proses baca tulis dari memory tersebut karena saat proses baca/ tulis menggunakan kepala baca yang disebut dengan head. Secara fisik bentuknya adalah piringan yang bisa memutar sesuai kontrolnya. Pada awal perkembangannya piringan disk ini mempunyai ukuran diameter 50 cm, namun saat ini sudah ada yang berukuran 3 cm dan didominasi oleh ukuran 12 cm.

Pada saat disk digunakan, motor drive berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi. Ada sebuah read-write head yang ditempatkan di atas permukaan piringan tersebut. Permukaan disk terbagi atas beberapa track yang masih terbagi lagi menjadi beberapa sektor. Cakram fixed-head memiliki satu head untuk tiap-tiap track, sedangkan cakram moving-head (atau sering dikenal dengan nama cakram keras ) hanya memiliki satu head yang harus dipindah-pindahkan untuk mengakses dari satu track ke track yang lainnya.Magnetik Disk (Piringan Magnetik) terbuat dari satu atau lebih piringan hitam metal atau plastik dan permukaannya dilapisi lapisan iron-oxide. Perekaman datanya disimpan pada permukaan tersebut dalam bentuk kode binary.

Piringan magnetik yang terbuat dari plastik dan sebuah piringan disebut dengan floppy disk (micro disk dan mini disk), yang terbuat dari metal dan banyak piringan disebut hard disk.

Lapiran dasar biasanya berbahan alumunium, alumunium Alloy dan kaca. Bahan kaca memberikan manfaat antara lain:

1. Meningkatkan reliabilitas disk

2. Mengurangi R/W error

3. Kemampuan untuk mendukung kerapatan tinggi

4. Kekakuan yang lebih baik untuk mengurangi dinamisasi disk

5. Kemampuan menahan goncangan dan kerusakan

Beberapa memory yang tergolong pada magnetic disk ini sendiri adalah :

  1. Flopy Disk,
  2. IDE Disk,
  3. SCSI Disk
  4. Hard Card

Magnetik disk sendiri terbuah dari piringan bundar yang terbuat dari logam atau plastik dimana permukaan dari bahan tersebut mempunyai sifat magnetic sehingga nanti bisa menghasilkan semacam medan magnet yang sangat diperlukan untuk proses baca tulis dari memory tersebut karena saat proses baca/ tulis menggunakan kepala baca yang disebut dengan head.

Bentuk dari magnetic disk terdiri dari piringan-piringan yang bisa merekam data bagian atas dan bawah.Piringan ini mirip dengan piringan hitam suara/phonograph,hanya berbeda cara merekam datanya.

Susunan piringan-piringan pada magnetic disk disebut DISK PACK,tergantung pada model & type dari magnetic disk drivenya,maka jumlah piringan untuk tiap disk pack bervariasi.

Bagan Dsik Pack dengan 5 piringan

Tiap disk pack biasanya mempunyai tutup pelindung (cover) sebagai tempat dari disk bila tidak terpasang pada drivenya.Guna dari tutup pelindung untuk melindungi disk pack dari gangguan debu-debu dan gesekan-gesekan dari benda lain.Nomor trek yang sama dari semua piringan dalam satu disk pack akan membentuk cylinder.Dan setiap cylinder untuk disk pack dengan piringan,akan terdiri dari 10 track.Jadi satu disk pack mempunyai 200 cylinder.Tiap track bisa menampung sekitar 7000 karakter,bahkan untuk model-model uang baru bisa sekitar 14.000 karakter.

Head Magnetic Disk

Head disk ini sendiri merupakan sebuah koil induksi yang menggantung diatas permukaan dan tertahan pada sebuah bantalan udara, kecuali pada flopy disk dimana head disk menyentuh ke permukaan.

Gerakan Head

Pada head tetap setiap track memiliki kepala head sendiri, sedangkan pada head bergerak, satu kepala head digunakan untuk beberapa track dalam satu muka disk.

Pada head bergerak adalah lengan head bergerak menuju track yang diinginkan berdasarkan perintah dari disk drivenya Sistem kerja dari head ini adalah ketika arus + ataupun arus – melewati head, maka akan menimbulkan sebuah medan magnet yang nantinya akan menarik dari head tersebut. Head akan bergerak ke kiri atau kekanan tergantung dari polaritas arus drive tersebut.Untuk membacanya, ketika head tersebut melewati sebuah daerah magnet maka sebuah arus + dan – dimunculkan dari head dan ini memungkinkan untuk membaca bit-bit yang telah disimpan sebelumnya.
Urutan melingkar bit bit ditulis ketika disk melakukan suatu putaran penuh yang disebut dengan track. Setiap track dibagi dalam sector-sektor yang memilik panjang tetap dan berisi 512 byte data. Namun didahului dengan proses sinkronisasi head sebelum menulis dan membaca. Semakin banyak data yang ditulis atau dibaca maka putarannya juga akan semakin rapat. Namun dengan kondisi seperti itu maka peluang error bacanya juga semakin tinggi.

Semua disk mempunyai lengan yang mampu bergerak keluar masuk pada kumparan dan piringan yang berputar sehingga terbentuk jarak-jarak radial yang berbeda. Pada setiap radial yang berbeda dapat ditulis. Track track itu sendiri merupakan serangkaian lingkaran konsentrik di sekitar kumparan. Lebar sebuah track tergantung pada headnya dan seberapa akurat head tersebut ditempatkan secara radial. Data dikirim ke memori ini dalam bentuk blok, umumnya blok lebih kecil kapasitasnya daripada track. Blok – blok data disimpan dalam disk yang berukuran blok, yang disebut sector.Track biasanya terisi beberapa sector, umumnya 10 hingga 100 sector tiap tracknya.

Format data pada track disk

Jenis Head

Head dibedakan atas :

a. Movable-Head Disk Access Cara Pengaksesan Record yang Disimpan pada Disk Pack

Hanya memiliki satu head yang berpindah-pindah mengakses dari satu track ke track lain.

Disk controller merubah kode yang ditunjuk oleh pengalamatan record dan menunjuk track yang mana pada device tempat record tersebut. Access arm dipindahkan, sehingga posisi read / write head terletak pada silinder yang tepat.

Read / write head ini menunjuk ke track yang aktif. Maka disk akan berputar hingga menunjuk record pada lokasi read / write head. Kemudian data akan dibaca dan ditransfer melalui channel yang diminta oleh program dalam komputer.

ACCESS TIME = SEEK TIME (pemindahan arm ke cylinder)

+ HEAD ACTIVATION TIME (pemilihan track)

+ ROTATIONAL DELAY (pemilihan record)

+ TRANSFER TIME

b. Fixed – Head Disk Access

Disk yang mempunyai sebuah read / write head untuk setiap track pada setiap permukaan penyimpanan, yang mekanisme pengaksesannya tidak dapat dipindahkan dari cylinder ke cylinder.

ACCESS TIME = HEAD-ACTIVATION TIME

+ ROTATIONAL DELAY

+ TRANSFER TIME

Banyaknya read / write head menyebabkan harga dari fixed-head disk drive lebih mahal dari movable-head disk drive. Disk yang menggunakan fixed-head disk drive mempunyai kapasitas dansdensity yang lebih kecil dibandingkan dengan disk yang menggunakan movable-head disk drive.

Banyaknya track pada piringan menunjukkan karakteristik penyimpanan pada lapisan permukaan, kapasitas disk drive dan mekanisme akses. Disk mempunyai 200-800 track per permukaan (banyaknya track pada piringan adalah tetap). Pada disk pack yang terdiri dari 11 piringan mempunyai 20 permukaan untuk menyimpan data. Kedua sisi dari setiap piringan digunakan untuk menyimpan data, kecuali pada permukaan yang paling atas dan paling bawah tidak digunakan untuk menyimpan data, karena pada bagian tersebut lebih mudah terkena kotoran/debu daripada permukaan yang didalam juga arm pada permukaan luar hanya dapat mengakses separuh data. Untuk mengakses, disk pack disusun pada disk drive yang didalamnya mempunyai sebuah controller, access arm, read/write head dan mekanisme untuk rotasi pack. Mode pengalamatan dalam magnetic disk ( hardisk ) ada 2 yaitu :

a. Metode silinder

Metode silinder merupakan Pengalamatan berdasarkan nomor silinder, nomor permukaan dan nomor record. Semua track dari disk pack membentuk suatu silinder. Jadi bila suatu disk pack dengan 200 track per permukaan, maka mempunyai 200 silinder. Bagian nomor permukaan dari pengalamatan record menunjukkan permukaan silinder record yang disimpan. Jika ada 11 piringan maka nomor permukaannya dari 0 – 19 atau dari 1 – 20. Pengalamatan dari nomor record menunjukkan dimana record terletak pada track yang ditunjukkan dengan nomor silinder dan nomor permukaan.

b. Metode sektor

Metode sektor, Setiap track dari pack dibagi kedalam sektor-sektor. Setiap sektor adalah storage area untuk banyaknya karakter yang tetap. Pengalamatan recordnya berdasarkan nomor sektor, nomor track, nomor permukaan. Nomor sektor yang diberikan oleh disk controller menunjukkan track mana yang akan diakses dan pengalamatan record terletak pada track yang mana. Setiap track pada setiap piringan mempunyai kapasitas penyimpanan yang sama meskipun diameter tracknya berlainan. Keseragaman kapasitas dicapai dengan penyesuaian density yang tepat dari representasi data untuk setiap ukuran track. Keuntungan lain dari pendekatan keseragaman kapasitas adalah file dapat ditempatkan pada disk tanpa merubah lokasi nomor sector (track atau cylinder) pada file.

Terdapat dua metode layout data pada disk, yaitu constant angular velocity dan multiple zoned recording. Disk diorganisasi dalam bentuk cincin-cincin konsentris yang disebut track. Tiap track pada disk dipisahkan oleh gap. Fungsi gap untuk mencegah atau mengurangi kesalahan pembacaan maupun penulisan yang disebabkan melesetnya head atau karena interferensi medan magnet.

Metode Layout data disk

Sejumlah bit yang sama akan menempati track-track yang tersedia. Semakin ke dalam disk maka kerapatan (density) disk akan bertambah besar. Data dikirim ke memori ini dalam bentuk blok, umumnya blok lebih kecil kapasitasnya daripada track. Blok-blok data disimpan dalam disk yang berukuran blok, yang disebut sector. Sehingga track biasanya terisi beberapa sector, umumnya 10 hingga 100 sector tiap tracknya.

Bagaimana mekanisme membacaan maupun penulisan pada disk ? Head harus bisa mengidentifikasi titik awal atau posisi-posisi sector maupun track. Caranya data yang disimpan akan diberi header data tambahan yang menginformasikan letak sector dan track suatu data. Tambahan header data ini hanya digunakan oleh sistem disk drive saja tanpa bisa diakses oleh pengguna.

Field ID merupakan header data yang digunakan disk drive menemukan letak sector dan tracknya. Byte SYNCH adalah pola bit yang menandakan awal field data.

Karakteristik Magnetik Disk

Saat ini sesuai kekhususan penggunaan telah beredar berbagai macam magnetik disk. Tabel 1 menyajikan daftar katakteristik utama dari berbagai jenis disk.

Karakteristik

Macam

Gerakan head 1. Fixed head (satu per track)2. Movable head (satu per surface)
Portabilitas disk 1. Nonremovable disk2. Removable disk
Sides 1. Single-sided2. Double-sided
Platters 1. Single-platter2. Multiple-platter
Mekanisme head 1. Contact (floppy)2. Fixed gap3. Aerodynamic gap (Winchester)

Tabel 1 Karakteristik Magnetik Disk

Karakteristik disk berdasar portabilitasnya dibagi menjadi disk yang tetap (nonremovable disk) dan disk yang dapat dipindah (removable disk). Keuntungan disk yang dapat dipindah atau diganti-ganti adalah tidak terbatas dengan kapasitas disk dan lebih fleksibel.

Karakteristik lainnya berdasar sides atau muka sisinya adalah satu sisi disk (single sides) dan dua muka disk (double sides). Kemudian berdasarkan jumlah piringannya (platters), dibagi menjadi satu piringan (single platter) dan banyak piringan (multiple platter).

Beberapa memori yang tergolong pada magnetic disk ini sendiri adalah :

    • Floppy Disk (Disket)

Dengan berkembangnya komputer pribadi maka diperlukan media untuk mendistribusikan software maupun pertukaran data. Solusinya ditemukannya disket atau floppy disk oleh IBM.

Karakteristik disket adalah head menyentuh permukaan disk saat membaca ataupun menulis. Hal ini menyebabkan disket tidak tahan lama dan sering rusak. Untuk mengurangi kerusakan atau aus pada disket, dibuat mekanisme penarikan head dan menghentikan rotasi disk ketika head tidak melakukan operasi baca dan tulis. Namun akibatnya waktu akses disket cukup lama.

Floppy Disk adalah media penyimpanan yang terbuat dari plastik mylar.Plastik tipis ini di lapisi bahan magnetic dan di bungkus dalam sebuah jaket plastik pula.

Ada dua ukuran disket yang tersedia, yaitu 5,25 inchi dan 3,5 inchi dengan masing-masing memiliki versi low density (LD) dan high density (HD). Disket 5,25 inchi sudah tidak popular karena bentuknya yang besar, kapasitas lebih kecil dan selubung pembungkusnya tidak kuat.

Floppy Disk

Data dituliskan atau di baca ke/dari disket melalui head penggerak disket,lewat jendela yang tersedia.Bentuk disket 8 dan 5 1/4 inci mirip,sedangkan yang 3 1/3 inci paling berbeda.Disket 8 dan 5 1/2 inci jendelanya terbuka,sehingga lebih besar resikonya untuk rusak akibat terpegang tangan atau terkena debu.Disket 3 1/2 inci lebih aman,karena jendelanya di lindungi oleh pintu mekanik dari logam.Pintu itu terbuka bila di masukkan ke penggeraknya,dan tertutup lagi bila di cabut.Dengan begitu disk selalu terlindungi.Disk 8 inci lebih banyak digunakan/di pakai pada komputer mini atau mainframe.

  • IDE Disk (Hard Disk)

Saat IBM menggembangkan PC XT, menggunakan sebuah hardisk Seagate 10 MB untuk menyimpan program maupun data. Harddisk ini memiliki 4 head, 306 silinder dan 17 sektor per track, dicontrol oleh pengontrol disk Xebec pada sebuah kartu plug-in.
Teknologi yang berkembang pesat menjadikan pengontrol disk yang sebelumnya terpisah menjadi satu paket terintegrasi, diawali dengan teknologi drive IDE (Integrated Drive Electronics) pada tengah tahun 1980. Teknologi saat itu IDE hanya mampu menangani disk berkapasitas maksimal 528 MB dan mengontrol 2 disk.

Seiring kebutuhan memori, berkembang teknologi yang mampu menangani disk berkapasitas besar. IDE berkembang menjadi EIDE (Extended Integrated Drive Electronics) yang mampu menangani harddisk lebih dari 528 MB dan mendukung pengalamatan LBA (Logical Block Addressing), yaitu metode pangalamatan yang hanya memberi nomer pada sector-sector mulai dari 0 hingga maksimal 224-1. Metode ini mengharuskan pengontrol mampu mengkonversi alamat-alamat LBA menjadi alamat head, sektor dan silinder. Peningkatan kinerja lainnya adalah kecepatan tranfer yang lebih tinggi, mampu mengontrol 4 disk, mampu mengontrol drive CD-ROM.

IDE Disk (Hard Disk)

Hard disk tersedia dalam dua ukuran,yaitu 3 1/2 dan 5 1/4 inci. Ukuran inilah yang banyak di pasang paling tidak dua piringan,dan berarti memiliki empat head baca/tulis.Ada juga yang memiliki tiga atau empat piringan.

Pada komputer jinjing umumnya di pasang hard disk berukuran 3 1/2 inci,dengan kapasitas antar 20-40 MB.Hard Disk ini sesuai untuk komputer yang ukurannya kecil.

Pada PC yang berukuran standar,biasanya di pasang hard disk 5 1/2 inci,baik half-height atau full-height ( setinggi rongga penggerak disk pada kotak PC).Dengan sistem operasi PC-DOS,besarnya hard disk terbatas sampai 32 MB.Jadi misalnya anda memasang hard disk 40 MB,maka 8 MB sisanya tidak bisa di akses seperti biasa.Anda dapat memanfaatkannya sebagai partisi lain,atau sebagai virtual memory.Untuk memakai hard disk di perlukan card khusus.Selain itu harap di perhatikan,bahwa kapasitas daya dari power supply minimal 150 watt.

  • SCSI Disk (Hard Disk)

Disk SCSI (Small Computer System Interface) mirip dengan IDE dalam hal organisasi pengalamatannya. Perbedaannya pada piranti antarmukanya yang mampu mentransfer data dalam kecepatan tinggi.

Karena kecepatan transfernya tinggi, disk ini merupakan standar bagi komputer UNIX dari Sun Microsystem, HP, SGI, Machintos, Intel terutama komputer-komputer server jaringan, dan vendor-vendor lainnya.

SCSI sebenarnya lebih dari sekedar piranti antarmuka harddisk. SCSI adalah sebuah bus karena SCSI mampu sebagai pengontrol hingga 7 peralatan seperti: harddisk, CD ROM, rekorder CD, scanner dan peralatan lainnya. Masing-masing peralatan memiliki ID unik sebagai media pengenalan oleh SCSI.

SCSI Disk

  • Hard Card

Hard card merupakan hasil upaya miniaturisasi hard disk.Di sini card pengontrol dan hard disk di jadikan satu berupa sebuah card.Dengan demikian cara pemasangannya lebih mudah,cukup menancapkan card ke salah satu slot,tidak seperti hard disk atau floppy disk yang langsung dari catu daya induk.Daya listrik yang di konsumsi hard relatif kecil,yakni sekitar 10 watt.

Kapasitas hard card ada yang 10 MB,dan ada pula yang 20 MB.Kapasitas hard card di atas 20 MB belum di temukan.

Hard Card

Biasanya program pengontrol hard card sudah di sertakan dalam card,berupa ROM.Beberapa contoh merek Hard  Card misalnya Hard Card Plus,File Card dan Drive Card.Bila anda memasang hard card pada PC yang memiliki dua floppy disk drive,maka hard card akan berstatus disk C.Tetapi bila sebelumnya sudah ada hard disk,maka hard card berstatus D.

Instalasi dan pemformatan hard card mudah,karena programnya sudah ada dalam ROM-nya.Setelah di masukkan ke arah satu slot,dan anda hidupkan PC,selanjutnya anda sudah boleh mengetik C>INSTALL C.Maka hard card sudah siap di pakai.Kecepatan baca/tulis data dari/ke hard card cukup tinggi,yakni sekitar 5 M bit per detik.

Peralatan Penyimpanan Optic

Perangkat Penyimpanan Data Secara Optik terbuat dari kaca yang dapat dilalui oleh cahaya.Proses penyimpanan data dilakukan dengan cara menguraikan cahaya.Perangkat penyimpanan data secara optic antara lain yaitu : CD-R (Read) dan CD-RW (Read and Write).Perbedaan antara CD-R dengan CD-RW adalah CD-R hanya dapat dibaca dan data yang terdapat di dalamnya tidak bisa dihapus,sedangkan CD-RW data yang ada di didalamnya bisa dibaca dan juga bisa dihapus.Kapasitas CD-R atau CD-RW adalah 700 Mb.Selain itu saat ini terdapat alat penyimpanan data secara optikal yang lebih besar kapasitasnya yaitu DVD-R dan DVD-RW.Kapasitas penyimpanannya sebesar 4,3 Gb.Alat yang digunakan untuk menyimpan data kedalam CD-R/Rw dan DVD-R/Rw adalah CD-R/W drive atau DVD-R/W drive.

CD-ROM

CD-ROM (Compact Disk Read Only Media) ini sering disebut juga WORM (Write Once Read Many).Bahan piringan CD-ROM adalah plat aluminium yang di lapisi bahan semacam chrome yang mengkilat.Disini tidak dipakai bahan magnetic,melainkan memakai bahan yang memantulkan cahaya.Kode bit di sajikan dalam bentuk tonjolan dan cekungan pada permukaan piringan.Selanjutnya pembacaan dilakukan dengan cahaya dan pemantulan oleh cermin yang mendeteksi adanya tonjolan dan cekungan.

CD-ROM yang ada saat ini umumnya terbuat dari resin (polycarbonate) dan dilapisi permukaan yang sangat reflektif seperti alumunium. Informasi direkam secara digital sebagai lubang-lubang mikroskopis pada permukaan yang reflektif. Proses ini dilakukan dengan menggunakan laser yang berintensitas tinggi. Permukaan yang berlubang ini kemudian dilapisi oleh lapisan bening. Informasi dibaca dengan menggunakan laser berintensitas rendah yang menyinari lapisan bening tersebut sementara motor memutar disk. Kemudian Intensitas laser tersebut berubah setelah mengenai lubang-lubang tersebut kemudian terefleksikan dan dideteksi oleh fotosensor yang kemudian dikonversi menjadi data digital. Penulisan data pada CD-ROM hanya dapat dilakukan sekali saja. Walaupun demikian, optical disk ini memiliki keunggulan dari segi mobilitas. Bentuknya yang kecil dan tipis memudahkannya untuk dibawa kemana-mana.

Perbedaan lain dari CD-ROM dibandingkan dengan media yang lainnya adalah pada formatnya.Kalau format disket berupa jalur melingkar yang konsentris,maka format CD-ROM berupa jalur spiral.Dari sini muncul perbedaan cara pembacaan data.Pada CD-ROM pembacaan memakai kecepatan linear konstan dan kecepatan sudah berubah.Pengalamatan pada piringan CD-ROM tidak memakai sistem track dan sektor,silinder dan isi.Caranya di sini lebih mirip dengan cara sekuensial,semuanya dengan istilah sektor.

Perusahaan pembuat CD-ROM yang terkenal adalah Sony.Sony telah membuat CD-ROM CDU-5002,yang ukurannya 5 1/4 inci dan masuk ke lubang drive pada PC (full height)

CD-ROMs

 

Dibandingkan dengan hard disk,kecepatan kerja CD-ROM lebih lambat lima kali.Hal ini karena cara pengamatannya yang mirip dengan cara sekuensial.Untuk mengatasi kelemahan ini,dalam setiap penulisan sebaiknya anda memakai satu blok untuk satu file,sehingga pembacaan data akan menjadi lebih cepat.

DVD (Digital VersatileDisc)

Mulai tahun 1983 sistem penyimpanan data di optical disc mulai diperkenalkan dengan diluncurkannya Digital Audio Compact Disc. Sejak saat itulah teknologi penyimpanan pada optical disc berkembang. CD-ROM (Compact Disc Read Only Memory) adalah media untuk menyimpan data atau informasi lainnya dalam jumlah yang sangat besar (lebih dari 600 MegaByte). Jauh lebih besar jika kita bandingkan dengan floppy disk (1,4 MB)

DVD adalah generasi lanjutan dari teknologi penyimpanan dengan menggunakan media optical disc. DVD memiliki kapastias yang jauh lebih besar daripada CD-ROM biasa, yaitu mencapai 9 Gbytes. Teknologi DVD ini sekarang banyak dimanfaatkan secara luas oleh perusahaan musik dan film besar, sehingga menjadikannya sebagai produk elektronik yang paling diminati dalam kurun waktu 3 tahun sejak diperkenalkan pertama kali.

Perkembangan teknologi DVD-ROM pun lebih cepat dibandingkan CD-ROM. 1x DVD-ROM memungkinkan rata-rata transfer data 1.321 MB/s dengan rata-rata burst transfer 12 MB/s. Semakin besar cache (memori buffer) yang dimiliki DVD-ROM, semakin cepat penyaluran data yang dapat dilakukan.
DVD menyediakan format yang dapat ditulis satu kali ataupun lebih, yang disebut dengan Recordable DVD, dan memiliki macam-macam versi, yaitu : DVD-R for General, hanya sekali penulisan DVD-R for Authoring, hanya sekali penulisan DVD-RAM, dapat ditulis berulang kali DVD-RW, dapat ditulis berulang kali DVD+R, hanya sekali penulisan Setiap versi DVD recorder dapat membaca DVD-ROM disc.

 

Sumber :

  • Pengenalan Komputer D.Suryadi H.S

Komentar ditutup.