Pengantar Komputer

BAB 13

KOMUNIKASI DATA DAN JARINGAN KOMPUTER

  • Mengenal Topologi Jaringan

Jaringan komputer

Seiring dengan berkembangnya dunia informasi,pemakaian komputer perorangan sudah bukan jamannya lagi.Banyak kelemahan pemakaian perorangan.Kelemahan tersebut terutama pada penggabungan informasi.Karena itu,di kembangkan sebuah sistem jaringan komputer setempat yang memungkinkan terciptanya interkoneksi komputer.

Jaringan komputer adalah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Setiap komputer printer atau peripheral yang terhubung dengan jaringan disebut node.

Pada sistem jaringan,satu perangkat lunak dapat digunakan beberapa orang sekaligus,dalam menjalin hubungan antar komputer,ada dua macam media yang dapat digunakan.Media Baseband dan Media Broadband.

Baseband : Untuk media ini,kapasitas pengiriman data terbatas.Hanya dapat mengirimkan satu jenis informasi saja pada satu saat.Jaringan yang banyak terdapat pada saat ini memakai media baseband.Contohnya jaringan Ethernet.

Broadband : Dengan memakai media broadband,anda dapat mengirimkan berbagai jenis informasi dalam satu saat.Media tranmisi ini akan dibagi-bagi ke dalam berbagai saluran.Setiap saluran akan menangani informasi tertentu,seperti untuk data,suara dan gambar.Agar hal tersebut dapat tercapai,diterapkan teknik FDM (Frequensi Division Multiplex) dimana setiap jenis informasi memiliki bandwith tertentu dalam satu saluran,sehingga memungkinkan pengiriman berbagai informasi pada saat bersamaan.

Secara umum jaringan komputer dibagi atas lima jenis, yaitu :

1. Local Area Network (LAN) , merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer.

2. Metropolitan Area Network (MAN) , pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota.

3. Wide Area Network (WAN) , jangkauannya mecakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

4. Internet , pada dasarnya internet merupakan kumpulan jaringan yang terinterkoneksi. Hal ini terjadi karena orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung jaringan lainnya. Untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya.

5. Jaringan Tanpa Kabel , merupakan solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel.

Masalah yang terpenting dalam jaringan komputer adalah cara hubungan antar komputer yang satu dengan komputer yang lainnya,yang disebut  Topologi Jaringan.Ada empat topologi standard yang diterapkan dalam jaringan :

  • Topologi Star,topologi ini sangat sederhana.Sebuah komputer akan ditempatkan pada satu titik sebagai pusat dan berfungsi sabagai pengendali jaringan dan juga berperan sebagai penghubung jaringan yang satu ke jaringan yang lainnya.Kelemahan jaringan ini terletak pada sistem pemusatannya.Kalau komputer yang di tugaskan di pusat mendadak rewel rusak atau sibuk,akan mengacaukan seluruh jaringan yang terhubung.Kontrol terpusat, semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut kesemua simpul atau client yang dipilihnya. Simpul pusat dinamakan stasiun primer atau server dan ainnya dinamakan stasiun sekunder atau client server. Setelah hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server sewaktu-waktu dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menunggu perintah dari server.

Topologi Star

Keuntungan

• Paling fleksibel

• Pemasangan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain

• Kontrol terpusat

• Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan

• Kemudahaan pengelolaan jaringan

Kerugian

• Boros kabel

• Perlu penanganan khusus

• Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis

  • Topologi LOOP,Pada topologi ini,setiap terminal akan di beri jatah waktu untuk berkomunikasi secara bergilir.Caranya sangat sederhana tetapi kurang efisien karena pemberian waktu kepada terminal tetap dilakukan walaupun ia tidak digunakan untuk berkomunikasi.

Topologi LOOP

  • Topologi RING,topologi ini lebih dikenal dengan nama Token-pass Ring (memenuhi standard IEEE 802.5).Metode yang diterapkan adalah teknik token-pass dimana setiap saat ada satu atau lebih paket yang berisi informasi tentang sumber dan tujuan serta informasi lainnya yang berkeliling di dalam lingkaran jaringan.Jika ada terminal yang ingin mengirim informasi,maka terminal akan mengambil mengisi paket yang kosong lalu mengisi dengan informasi yang akan dikirim.Paket ini akan diteima oleh terminal yang dituju.Lalu informasinya diambil sehingga paket tersebut akan kosong dan diberi tanda sudah diterima sehingga begitu paket yang dikirimkan kembali ke sisi pengirim,pengirim akan mengetahui informasinya sudah diterima.Jika ingin mengisi informasi lagi ia tinggal memuat kembali informasi,jika tidak paket tersebut akan diberi tanda kosong lalu dilepas kembali ke ring.

Topologi Token-pass Ring

Format paket yang dikirimkan adalah :

  1. SD (Starting Delimeter/tanda awalsebuah paket) jumlahnya 1 bit.
  2. AC (Access Control ) berjumlah 1 bit.
  3. FC (Frame Control) berjumlah 1 bit.
  4. Alamat tujuan berjumlah 2 hingga 6 bit.
  5. Alamat sumber berjumlah 2 hingga 6 bit.
  6. Data informasi sesuai dengan jumlah yang dikirimkan.
  7. Cheksum berjumlah 4 bit sebagai tanda pemeriksaan kebenaran data.
  8. ED (Ending Delimeter ) berjumlah 1 bit.
  9. FS ( Frame Status ) berjumlah 1 bit yang menandakan data telah ditarima.

Keuntungan

• Hemat Kabel

Kerugian

• Peka kesalahan

• Pengembangan jaringan lebih kaku

  • Topologi Bus,ada dua standard untuk topologi ini.Ppaertama standard IEEE 802.3 (Ethernet) dan standard IEEE 802.4 (Token Bus).Untuk Ethernet menggunakan tekhnologi CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access/Colision Detection) sedangkan token bus menggunakan teknik token pass seperti pada topologi ring.Dalam sistem bus Ethernet diharuskanmampu menangani tabrakan dalam pengiriman data.

Topologi Bus

Keuntungan

• Hemat kabel

• Layout kabel sederhana

• Mudah dikembangkan

Kerugian

• Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil

• Kepadatan lalu lintas

• Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak bisa berfungsi.

• Diperlukan repeater untuk jarak jauh

 

  • Komunikasi Data

Komunikasi data adalah bagian dari telekomunikasi yang secara khusus berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data dan informasi diantara komputer-komputer dan piranti-piranti yang lain dalam bentuk digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data. Data berarti informasi yang disajikan oleh isyarat digital.

1. Penghantar/pengirim, adalah piranti yang mengirimkan data

2. Penerima, adalah piranti yang menerima data

3. Data, adalah informasi yang akan dipindahkan

4. Media pengiriman, adalah media atau saluran yang digunakan untuk mengirimkan data

5. Protokol, adalah aturan-aturan yang berfungsi untuk menyelaraskan hubungan

  • PROTOKOL

Satu lagi yang terpenting dalam sistem jaringan adalah protokol.Peristilahan dari protokol adalah cara berhubungan atau cara berkomunikasi antar komputer dengan segala ketentuan aturan main yang sudah ditetapka.Protokol bertugas untuk membangun jalur komunikasi,memelihara komunikasi agar tetap berlangsung,menghentikan komunikasi bila diminta,mengatur pengiriman dan penerimaan data dan menangani kesalahan-kesalahan yang timbul pada saat tranmisi data.

Protokol adalah sebuah aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi yang ada dalam sebuah jaringan komputer, misalnya mengirim pesan, data, informasi dan fungsi lain yang harus dipenuhi oleh sisi pengirim dan sisi penerima agar komunikasi dapat berlangsung dengan benar, walaupun sistem yang ada dalam jaringan tersebut berbeda sama sekali.

Standar protokol yang terkenal yaitu OSI (Open System Interconnecting) yang ditentukan oleh ISO (International Standart Organization).

Fungsi dari protokol adalah untuk menghubungkan sisi pengirim dan sisi penerima dalam berkomunikasi serta dalam bertukar informasi agar dapat berjalan dengan baik dan benar.

Protokol terbagi menjadi atas tujuh lapisan atau tingkatan.Lapisan pertama bertugas untuk mendefinisikan standard fisis jalur komunikasi,seperti konektor,tegangan dan arus serta teknik modulasi.

Lapisan kedua berfungsi membagi-bagi data ke dalam format paket yang sudah ditentukan untuk kemudian dikirimkan kedalam format yang ditentukan serta membongkar format tersebut pada saat diterima.Selain itu ia berperan juga dalam memberikan informasi bahwa paket telah diterima dengan benar.

Lapisan ketiga berupa jabaran prosedur untuk menentukan alur pengiriman data dari sebuah terminal ke terminal yang di tuju lewat terminal perantara.Lapisan ini dibutuhkan untuk topologi loop atau komunikasi abtar sistem jaringan lewat gateway.

Lapisan keempat bertugas untuk menjaga jalur komunikasi bebas gangguan.Caranya adalah dengan memberikan kode-kode kesalahan,serta memberikan urutan data.

Lapisan kelima berfungsi menerjemahkan alamat pengirim dan penerima,serta menentukan saat memulai ataupun mengakhiri pengiriman.

Lapisan keenam berfungsi untuk menerjemahkan data yang akan dikirim kedalam kode-kode (encryption) yang telah ditetapkan.

Lapisan tertinggi/ketujuh berfungsi untuk menangani penggunaan program utilitas untuk jaringan komunikasi data.

 

Sumber :

Komentar ditutup.